Langsung ke konten utama

Cara mengetahui adanya Virus dikompimu

Kompimu jalan nya udah kaya siput, hati2 tuh jangan-jangan ada virus nya. Sekarang lakukan tahapan berikut untuk mengetahui adanya virus dikompimu:

1. Buka Folder Options, caranya:

- Buka Control Panel ke Folder Options

- Bisa juga dari Windows Explorer, tekan windows + [E] pada keyboard, di Toolbar atas Windows Explorer à Tool à Folder Options...

Biasanya virus lokal akan menyembunyikan opsi ini agar bundanya virus kaga bisa kalian liat karena dalam keadaan ke hidden, ini untuk melindungi bundanya virus bisa kalian basmi dari Windows Explorer. Mereka akan mengunci opsi Show hidden files and folders, Hide extensions for known file types dan Hide protected operating system files pada Tab Veiw di Folder Options, maksudnya mengunci disini adalah kalian tidak bisa lagi menghilangkan tombol radio maupun cek list karena telah diubah virus tersebut melalui Registry Editor.

2. Jalankan Task Manager, caranya:

- Tekan aja Alt + Ctrl + Del di keyboard

Kalo da virusnya, maka windows nya akan restart sendiri atau ada jendela yang menyatakan bahwa Task Manager telah di-disable oleh Administrator. Karena jika kalian dapat menampilkan Task Manager maka kalian bakalan liat adanya program ilegal (virus) yang jalan tanpa sepengetahuan dan persetujuan dari si pemilik kompi.

3. Jalankan regedit, caranya:

- Tekan Windows + [R] pada keyboard atau dari Start Menu à Run, terus ketik ‘regedit’ (tanpa tanda petik)

Lagi2 jika ada virus maka tidak akan ada jendela yang keluar, namun digantikan dengan jendela yang menyatakan bahwa Registry Editor telah di-disable oleh Administrator. Dengan mengunci jendela Registry Editor, maka virus telah menjadi presiden di kompimu dengan menjadi Administrator User (penguna dengan hak hirarki paling tinggi di windows), kalo dah jadi presiden maka pastilah virus seenaknya mematikan fungsi-fungsi penghancur akan dirinya.

4. Jalankan msconfig, caranya:

- Tekan Windows + [R] pada keyboard atau dari Start Menu à Run, terus ketik ‘msconfig’ (tanpa tanda petik)

Maka jika ada virus maka tidak akan ada jendela yang keluar, namun digantikan dengan jendela yang menyatakan bahwa Sytem Configuration Utility telah di-disable oleh Administrator. Biasanya file program virus akan jalan dari Startup (tahapan pertama dimana windows dijalankan dan menjalankan sebuah atau beberapa program), nah hal ini bisa kalian cegah kalo saja kalian bisa membuka Sytem Configuration Utility, namun jendela ini udah di-disable ama virus lewat Registry Editor .

Kejadian tersebut diatas tidak akan terjadi jika:

- Selalu mengUpdate Antivirus mu, apapun mereknya (antivirus mu) kalo tidak diUpdate mendinganan tidak usah pake antivirus.

- Hati2 jangan membuka halaman situs yang tidak jelas (porno), mendownload program dari internet yang menyertakan serial number ato keygen ato pacth.

- Selalu waspada akan masuk dan keluarnya file dari kompimu baik melalui USB stick, optical storage (CD/DVD/HD-DVD/Blue Ray Disk), matikan opsi Auto Play untuk media penyimpanan tersebut.

- Jika ada file yang mencurigakan lebih baik anda delete saja, jangan iseng dengan selalu ingin tau akan tampilan file tersebut, karena virus sekarang telah mengalihkan metode penyebaranya melalui public-interes (ketertarikan publik). Mereka menamakan file penghancurnya dengan nama-nama presenter cantik ber-ikon JPG, makanya jangan usil.

- Ingat “Antivirus adalah dirimu sendiri”

Langkah2 tersebut di atas telah dicoba di atas platform Windows XP, mungkin akan cenderung berbeda dengan platform lain (Vista), dan semuanya berdasarkan pengalaman saya dan beberapa teman.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

AMD "akan" hentikan penggunaan Stiker di Laptop

"Benci" ketika perusahaan Laptop (notebook) maupun netbook membubuhkan setengah lusin Stiker "merek" untuk laptop seharga $ 1.200 baru milik anda?. Anda membeli gadget baru eh malah dapet Stiker... Sekarang kita bandingkan dengan ketika anda membeli mobil mewah "baru" yang ditempeli dengan stiker permanen mempromosikan oli motor, tikar lantai, AC, speaker. Emangnya lagi jualan Stiker?..dan ji ka Anda kupas, perekat Stiker sering meninggalkan residu (kotor) yang dapat mengganggu pemandangan pada lapisan yang ditinggalkannya. Meskipun tidak semua orang membenci mereka (stiker), bahkan jika ngak ada "Stiker"nya ntu gadget terlihat ngak KEREN... R aksasa seperti Intel dan Microsoft "selalu" membubuhkan Stiker pada produk mereka, karena mereka tau bahwa itu merupakan ruang "Sponsor" gratis...kalo gitu harusnya kalo ngak pake Stiker harganya bisa lebih miring dong (maunya sih)...hal ini  tidak akan berubah (setidaknya ti...

Rahasia umur sapi, monyet, anjing & manusia

From: ria rahmawati Di awal zaman, Tuhan menciptakan seekor sapi. Tuhan berkata kepada sang sapi "Hari ini kuciptakan kau!Sebagai sapi engkau harus pergi ke padang rumput. Kau harus bekerja di bawah terik matahari sepanjang hari. Kutetapkan umurmu sekitar 50 tahun." Sang Sapi keberatan "Kehidupanku akan sangat berat selama 50 tahun. Kiranya 20 tahun cukuplah buatku. Kukembalikan kepadamu yang 30 tahun" Maka setujulah Tuhan. Di hari kedua, Tuhan menciptakan monyet. "Hai monyet, hiburlah manusia. Aku berikan kau umur 20 tahun!" Sang monyet menjawab "What? Menghibur mereka dan membuat mereka tertawa? 10 tahun cukuplah. Kukembalikan 10 tahun padamu" Maka setujulah Tuhan. Di hari ketiga, Tuhan menciptakan anjing. "Apa yang harus kau lakukan adalah menjaga pintu rumah majikanmu. Setiap orang mendekat kau harus menggongongnya. Untuk itu kuberikan hidupmu selama 20 tahun!" Sang anjing menolak : "Menjaga pintu sepanjang hari selama 20 tahu...

Analisa saya untuk menyanggah analisa kakak

Judul yang aneh bukan.. Ini adalah posting buat temen-temen Mahasiswa Matematika 2006 yang telah mengomentari posting saya yang berjudul "indonesiaundercover-fmipaunlamkalsel.blogspot.com" dan juga sebagai permintaan maaf kepada kalian temen-temen semua. Komen di posting tersebut selengkapnya adalah sebagai berikut: Anonim berkata... Tolong dalam mengambil kesimpulan lebih diperhatikan lagi keseluruhan dari artikel yg dibuat. Saya sebagai mahasiswa matematika sangat kecewa karena anda hanya menganalisis sebagian dari artikel yang dibuat olehnya.. Coba anda baca lagi artikel yang berjudul "Mahasiswa Farmasi yang Nggak Konsisten". Pada artikel tersebut : "Ngomongnya English Area, Pengumumannya Bahasa Indonesia" itu yang dikatakan oleh pak Azidi Irwan pada saat anak bio ngambil modul praktikum di lab pengembngan fisika. Mahasiswa yang berpura-pura ngomong bahasa inggris agar kelihatan intelek sedikit padahal cuma gayanya doang." Menurut saya, hal it...